about me · Cerita · Quote

Kenangan

Sesuatu yang tua atau usang pasti akan terganti, tapi tidak dengan kenangan yang ditinggalkannya (random thought)

Tidak ada hal yang kekal di dunia fana ini. Mahluk hidup pasti mati menuju alam yang kekal. Mahluk tak hidup akan tua, usang, rusak dan tak bisa digunakan lagi. Itu sudah menjadi ketentuan Ilahi. Namun dari setiap hal yang tidak abadi tersebut, kelak ketika tua, mati ataupun rusak akan meninggalkan kenangan, entah itu kenangan manis atau pahit. Kenangan manis akan selalu terpatri dan terekam baik di ingatan sedangkan kenangan buruk selalu akan berusaha untuk dilupakan (meskipun terkadang gagal). Karenanya berusahalah selalu berbuat baik agar kita selalu dikenang  dan tidak dilupakan.

Sebanarnya, ini bukan soal mampu melupakan atau tidak tetapi lebih kepada mampukah kita mengambil pelajaran dari kenangan-kenangan yang kita miliki. Bagi mereka yang hidup dan merasakan kondisi Perang Dunia, jelas sampai hari ini (jika masih hidup) belum bisa melupakan kekejaman yang terjadi di masa itu. Bagi para pahlawan yang hidup di masa perjuangan kemerdekaan, jelas mereka tidak akan pernah lupa bagaimana kondisi peperangan merebut kemerdekaan . Dan bagi mereka yang sementara berjuang untuk kehidupan yang lebih baik, mereka tidak akan pernah lupa masa-masa pahit kehidupannya yang sedang dilalui. Serta bagi para pelajar yang sementara jatuh bangun memperjuangkan cita-cita mereka, jelas bahwa mereka tidak akan melupakan masa-masa tersulit dalam bagian hidup meraih cita-cita. Semuanya cerita pahit, kenangan buruk, perjuangan mereka jelas tidak akan mereka lupa. Bahkan mereka kelak dengan bangga akan menceritakan pengalamannya ke anak cucu mereka untuk dijadikan teladan dan pelajaran untuk memotivasi menjadi sesuatu yang lebih baik.

Percayalah badai pasti berlalu. Percayalah segala kesulitan-kesulitan yang yang kita hadapi saat ini akan terganti dengan senyum manis bahagia. Kita hanya diminta sedikit bersabar dan berjuang. Kalau kita gagal tersenyum di akhir perjuangan, maka yakinlah akan ada orang lain yang tersenyum dan mengenang perjuangan kita. Ingatlah kita hanya butuh terus berbuat baik dengan ikhlas.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al- Insyiraah: 5-6)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.